Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer

Kata “jaringan komputer” mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, mengingat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan kita.
Oleh karena itu saya disini ingin menjelaskan sedikit informasi tentang jaringan komputer yang memiliki banyak sekali informasi dari internet yang merupakan salah satu dari jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung.


Manfaat Jaringan Komputer
1. Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah diseberluaskan melalui suatu jaringan.
2. Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
3. Jaringan komputer dapat membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
4. Selain itu, kita juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
5. Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.

Macam-Macam Jaringan Komputer
1. Berdasarkan skala :
a. Local Area Network (LAN)
Suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
b. Metropolitant Area Network (MAN)
Prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
c. Wide Area Network (WAN)
Jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.

2. Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas :

Topologi bus
Hasil gambar untuk topologi bus

Topologi bintang/star
Hasil gambar untuk topologi star

Topologi cincin
Hasil gambar untuk topologi ring

Topologi mesh
Hasil gambar untuk topologi mesh

Topologi pohon
Hasil gambar untuk topologi pohon

Topologi linier
Hasil gambar untuk topologi linier
3. Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:
   a. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data dibedakan menjadi :
1)Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

2)Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
   
   b. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi :
1)Jaringan LAN
merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1warnet.

2)Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

3)Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

   c. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.

1)Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

2)Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

   d. Berdasarkan media transmisi data 
dibedakan menjadi :
1)Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan.

2)Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Comments
3 Comments

3 komentar:

Prambudi Aji mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Prambudi Aji mengatakan...

Artikelnya sangat bagus dan membantu saya, jangan lupak kunjungi website kami di HTTP://WWW.atmaluhur.ac.id/ dan kunjungi juga blog https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1066600591231126904#editor/target=post;postID=4730623288680260571saya

salisberyrabon mengatakan...

Slot Machine Games - JTG Hub
Slot 안동 출장마사지 Machine Games - JTG 전라북도 출장마사지 Hub 여수 출장샵 has over 천안 출장마사지 1000 online slots and casino games for you to try out. Whether you are new to slot machine 강원도 출장샵 or a seasoned