MEMBUAT GARIS MENGGUNAKAN OPENGL DAN JAVA

Tugas Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Pada kesempatan kali ini penulis membuat sebuah tugas yaitu membuat sebuah program menggambar garis horizontal, vertikal dan diagonal dengan berdasarkan input titik awal garis dan titik akhir garis. Program ini memanfaatkan library OpenGL. Bahasa pemrograman yang dipergunakan yaitu Java, dengan pembuatannya menggunakan program NetBeans versi 8.2. Adapun untuk library penghubung yang dipergunakan dalam menghubungkan Java dan OpenGL pada program ini yaitu LWJGL (LightWeight Java Game Library) versi 2.9.1.

OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992  dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.

Pada Program ini dibuat dengan menggunakan empat file kelas Java, yaitu:

  1. 1. Pr_Main.java -> file kelas utama yang menampilkan menu utama program.
  1. 2. Pr_Horizontal.java -> file kelas yang berfungsi untuk menerima input dan menampilkan output garis horizontal.
  1. 3. Pr_Vertikal.java -> file kelas yang berfungsi untuk menerima input dan menampilkan output garis vertikal.
  1. 4. Pr_Diagonal.java -> file kelas yang berfungsi untuk menerima input dan menampilkan output garis diagonal.
 Di bawah ini adalah link untuk mengunduh program dan source code serta file dokumentasinya :

Comments
0 Comments

0 komentar: